4 Cara menulis paragraf yang baik dan benar

Paragraf dalam konteks penulisan, bisa kita maknai sebagai kumpulan kalimat yang memiliki gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama dalam paragraf terdapat pada kalimat utama. Sedangkan gagasan penjelas dalam paragraph terdapat dalam kalimat penjelas.
Kita bisa mengidentifikasi dari paragraph berikut ini :
Misalnya,
Teknologi informasi memiliki peran penting dalam kehidupan ini. Kita menggunakan teknologi untuk berkomunikasi. Baik itu individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok. Teknologi Informasi juga masuk di dalam ruang ekonomi. Teknologi informasi ini di manfaatkan dalam konteks untuk mendistribusikan sebuah produk sehingga memberikan dampak pada masyarakat untuk membeli produk tersebut. Saat ini teknologi komunikasi dan informasi juga di gunakan dalam konteks untuk menyampaikan kegiatan pembelajaran, menyampaikan kegiatan – kegiatan social, maupun kegiatan kegiatan budaya. Teknologi informasi banyak digunakan sebagai salah satu sarana dan media untuk mendistribusikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan nilai – nilai kehidupan.
Dari paragraf tersebut, kita bisa mengidentifikasi gagasan utama dari paragraph tersebut adalah arti penting teknologi informasi dalam kehidupan kita. Gagasan utama ini terdapat pada kalimat utama yaitu : “Teknologi informasi memiliki peran penting dalam kehidupan ini”.
Terdapat pula gagasan penjelas. Gagasan penjelas pada paragraf ini berisi tentang arti penting teknologi informasi dalam bidang pendidikan, dalam bidang ekonomi, dalam bidang sosial dan dalam bidang budaya sebagai sarana untuk menyebarkan gagasan dan informasi. Gagasan penjelas ini terdapat pada kalimat kalimat penjelas yang ada di dalam paragraf diatas. Disitulah konsep paragraf menunjukan suatu kumpulan kalimat yang menghadirkan gagasan utama dan gagasan penjelas terdapat dalam kalimat utama dan kalimat penjelas.
Bagaimana cara menuliskan paragraf yang baik?
Untuk dapat menuliskan paragraf yang baik, kita harus memperhatikan 4 aspek penting di dalam paragraf. 4 aspek penting di dalam paragraf yaitu :
1. Aspek Kelengkapan.
Aspek kelengkapan memiliki arti setiap paragraf yang kita tulis harus memiliki kelengkapan, baik lengkap mengandung gagasan utama maupun gagasan penjelas dimana gagasan utama dan gagasan penjelas itu dituangkan dalam kalimat utama dan kalimat penjelas. Untuk itu, setiap kalimat dari sebuah paragraf harus lengkap, yaitu lengkap  setiap kalimat -  kalimat nya menunjukan kalimat yang menyampaikan gagasan utama dan kalimat yang menyampaikan gagasan penjelas.

2. Aspek Koherensi.
Aspek koherensi memiliki keterkaitan dengan aspek kepaduan yang artinya setiap kalimat yang akan di tulis di dalam paragraf harus menunjukan hubungan hubungan yang logis. Hubungan antar kalimatnya dapat membangun satu kesatuan gagasan utama.
3. Aspek Kohesi.
Aspek ini terkait dengan setiap kalimat yang di tulis harus menunjukan struktur kalimat yang saling berkaitan. Dimana setiap struktur kalimatnya dibangun atas konjungsi, pengulangan, sehingga struktur kalimat itu bersifat kesatuan yang menunjang gagasan utama.
4. Aspek Variasi.
Aspek variasi terkait dengan setiap kalimat yang kita tulis harus menunjukan variasi – variasi tertentu.
Misalkan,
- Setiap kalimat menunjukan variasi pembuka yang berbeda. Bisa dimulai dari kata ganti, bisa dimulai dari aspek - aspek lain yang menunjukan satu kesatuan dimana variasi pembuka setiap kalimatnya berbeda – beda.
- Variasi Kalimat.
Variasi kalimat terkait dengan jenis - jenis kalimat yang di sajikan di dalam sebuah paragraf. Bisa dipadukan antara kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seru, kalimat informasi yang semuanya bisa menyatu menjadi sebuah paragraf yang menarik.
- Menghadirkan kalimat aktif dan kalimat pasif di dalam sebuah paragraf yang membangun satu kesatuan sehingga kalimat di dalam paragraf itu variatif.

Dengan kita bisa menuliskan paragraf berdasarkan 4 aspek ini, maka paragraf yang kita tulis bisa menjadi paragraf yang kita tulis bisa menjadi paragraf yang biisa menyampaikan gagasan, ide dan pikiran serta menyampaikan ilmu pengetahuan yang ingin kita sampaikan kepada pembaca