Cara mengatur format rupiah di excel

Bagi sebagian orang yang bekerja atau bersekolah dibagian data entah itu keuangan, administrasi, marketing, atau bahkan hanya sekedar membuat data agar rapih tentunya akan memilih excel sebagai platform yang digunakan untuk mengolah data tersebut.

Excel merupakan sebuah aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh microsoft dan dapat dijalankan pada windows dan mac os. Di dalam aplikasi excel, terdapat petak petak yang tujuannya agar kita membuat tabel dan lebih mudah untuk mengelompokan suatu data.

Pada bagian keuangan ini merupakan hal yang penting karena bagian keuangan merekapitulasi mulai dari pengeluaran, pemasukan, konsumsi, gaji karyawan dan lain lain. Menggunakan excel merupakan hal yang tepat untuk mengurangi redundansi data maupun kesalahan. Tapi, apakah nominal uang yang ditulis di excel sudah sesuai? atau masih hanya angka biasa saja tanpa ada Rp di depannya?

Yuk kita bahas cara mengatur format rupiah di excel

Cara mengatur format rupiah di excel ini sangat mudah, 
Buka Excel, ini merupakan tampilan basic excel

Klik menu general yang ada pada sebelah wrap text

Klik more number format

Klik Custom Format Number, pilih custom dan ganti type general dengan format dibawah ini

_-"Rp"* #,##0_-;-"Rp"* #,##0_-;_-"Rp"* "-"_-;[email protected]_-



Setelah di paste kemudian klik ok

Coba masukan angka untuk melihat apakah sudah berhasil atau belum format number yang dimasukan, jangan lupa untuk memastikan bahwa format number sudah diatur ke custom dan pilih format yang dimasukan tadi.

Demikian tutorial mengenai cara mengatur format rupiah di excel, semoga berhasil di excel versi berapapun, apabila mengalami kesulitan bisa bertanya dikolom komentar. Subscribe untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari blog ini. Terimakasih sudah berkunjung.

Baca Juga :